Seisen no Iberia, dari sudut pandang seorang Zahra

image
sound horizon single maxi: seisen no iberia

The best Sound Horizon’s single, ever! (for me). Wanna see the story (the story and its meaning is kinda implicit), just click here.

Cukup dengan bahasa Inggris pas-pasan, sekarang masuk ke bahasa Indonesia.

Saya hanya akan menceritakan sedikit apa yang ada dalam album ini. Single ini menceritakan tentang kisah seorang gadis yang hidup pada masa Perang Salib. Pada tau kan Perang Salib itu gimana? Pokoknya perang yang benar-benar menghabiskan waktu, tenaga, pikiran, dan tentang pemahaman agama yang benar-benar penuh konflik di daerah Spanyol dan berlangsung selama ratusan tahun.

Layla, gadis yang diceritakan dalam single ini adalah seorang yatim piatu dengan ayah yang beragama Islam dan ibu yang beragama Kristen. Kedua orangtuanya meninggal pada saat perang Salib. Bisa dibilang, dia sedang berada di persimpangan. Dia selalu bertanya-tanya, mengapa harus ada perang? Adakah seseorang yang mampu menjelaskan tentang hal ini?
.
.
.
.
.
.
.
.
.
Singkat cerita, dia bertemu dengan suatu makhluk yang disebut Shaytan. Dia memberikan penawaran terhadap Layla karena telah ‘menghidupkan‘ kembali dirinya dengan menawarkan pilihan untuk menghancurkan kaum Kristen atau Islam. Kau tahu apa yang Layla pilih? Dia memilih untuk mengambil jalan tengah, tidak menghancurkan kedua pihak namun dia memilih untuk mengorbankan dirinya sendiri dan kemudian hidup abadi dengan Shaytan
.
.
.
.
.
.
.
.
.
Ehm, saya sendiri masih kurang mengerti bagian akhir dari cerita dan hubungan lagu kedua dengan lagu ketiga. Berdasarkan pemahaman saya, Layla dan Shaytan hanya mengawasi jalan perang salib, yang pada akhirnya dimenangkan umat Kristen, seperti pada kisah aslinya.

Untuk paragraf pertama, itu dari lagu yang judulnya Arasoi no Keifu, paragraf kedua judulnya Ishidatami no Akaki Akuma dan yang terakhir, yang belum saya simpulkan dengan baik ceritanya, adalah Shinryaku Suru Mono Sareru Mono.

Menurut saya sendiri, Revo, the owner dari Sound Horizon ini mengambil ide cerita yang cukup menarik, yaitu berdasarkan Perang Salib. Hanya saja, yang membuat saya sedikit kecewa dengan cerita yang ada di lagu ini, umat Islam diceritakan seakan-akan merekalah yang membuat peperangan ini ada dan mengakibatkan kekacauan di Spanyol. Bukan karena saya sendiri seorang Muslim ya, tapi setahu saya, perang ini terjadi karena pemimpin dari Roma iri dengan kejayaan Islam di Spanyol dan merekalah yang memulai peperangan di Sana.

Untuk memahami dan mengetahui tentang kenyataan dari Perang Salib, saya sarankan anda untuk mencari lebih lanjut kisah tentang ini karena saya sendiri belum selesai mencari kenyataan dari perang ini.

Meskipun ada Shaytan pada cerita ini, ambil hikmah dari cerita ini, Peperangan itu merugikan dan tidak ada yang saling diuntungkan. Shaytan pada cerita ini, menurut saya, adalah suatu sosok yang harus diwaspadai, karena pada salah satu bait dari cerita di atas dia berkata, “hai kalian, untuk apa kalian berperang? Seharusnya sayalah yang harus dilawan oleh kalian!”. Pokoknya kalau mau benar-benar mengerti tentang ini, perdalam dulu pemahaman anda tentang agama, dan jangan subjektif dalam memandang suatu hal.

Kembali ke topik. Lagu dan kisah yang ada dalam single ini memang keren! Mengapa saya bilang keren? Karena ini merupakan topik yang jarang dibicarakan oleh orang awam. Sejarah Perang Salib, meskipun hanya menceritakan bagian akhir dari peperangan tersebut, yang penting ada makna! Saya rekomendasikan lagu-lagu ini tapi jangan langsung hap dan ditelan mentah-mentah. Seperti kata para fans Sound Horizon, biasanya ada pesan tersembunyi dari tiap lagu yang diciptakan Revo. Saya juga belum menemukan pesan itu, namun umumnya pesan itu berhubungan dengan cerita yang akan muncul pada single atau album yang akan datang (dan bahkan petunjuknya masih belum bisa dipecahkan). Yak, meskipun penuh konspirasi dan intrik-intrik keagamaan, saya tetap menyarankan anda untuk mendengar lagu-lagu yang ada.

Sekian dari saya. Ciao. 🙂

Posted from WordPress for Android

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.