Laporan Singkat setelah Dua Pekan Meninggalkan Indonesia

Ada banyak cerita yang ingin saya sampaikan sebenarnya, tapi menyusul aja kali ya ceritanya karena belum buat kerangkanya. -_-”

Jadi, apa saja yang saya temukan secara garis besar di rumah Allah? (Mekkah dan Madinah)
1. Tipe orang yang sy temui. Ada banyak orang yang saya temui selama di dua tempat ini. Secara garis besar ya saya tulis aja kayak gini.
-suka bagi-bagi makanan, ya permen, biskuit, kurma, dan macem-macem.
-senyum mulu
-kalau orang India biasanya di shalat pelataran masjid, baik di nabawi maupun masjidil haram. Alasannya apa saya gatau.
-penjual di sepanjang jalan menuju masjid. Kalo di nabawi sih orang arab, tapi kalo di masjidil haram banyaknya pendatang dari afrika ato  kulit gelap
-zamzam water-hunter, ini sih termasuk saya.
-banyak orang indo yang kerja di arab, ada yg jadi tukang bersih-bersih, kasir, catering, penjual, banyak. Supir bus aja ada ▔□▔)/▔□▔)
-orang timteng itu kadang Ga sadar diri kalo mau sholat. Udah tau penuh, Ga ada shaf tapi suka maksain buat masuk shaf. Badan kecil sih no prob, nah masalahnya badannya pada besar, jadi nyempit-nyempitin shaf orang lain
-banyak pedagang yang bisa bahasa Indonesia

2. Hal yang cukup unik buat saya:
-Rasa makanan di arab itu agak aneh, ya walaupun kayak gt tetap aja dihabiskan. Tapi ya nikmati aja daripada ngomong yang aneh-aneh dan nantinya malah terjadi sesuatu yang tidak diinginkan -_-
-bisa belanja pakai uang rupiah. Tapi ga di semua tempat sih.
-bensin cuma 1 riyal
-jarang banget liat sepeda motor di sana. Jalan raya umumnya diisi mobil atau bus rombongan
-rest area di arab itu Ga sekeren di Indo. Simply enough. Tapi enaknya ya mushalanya cukup besar.
-tempat belanja segala ada: bin dawood. Semacam Hypermart lah kalo di Indo. Bedanya, banyak barang bermerek di sana dan harganya lumayan murah.
-saya baru tahu kalau kartu a*is punya Arab (kata nyokap). Kalo di sana namanya STC. Desain kartunya mirip banget.
-harga K*C di Arab mahal banget. Ga ada paket goceng macam di Indo :))
-ada permen karet rasa kayu manis
-kalau di kita, orang yang pake kerudung panjang banget itu aneh, di sana justru biasa.
-kalo ngomong biasa pake emosi.

3. Tempat yg dikunjungi
-masjid nabawi *harus!
-Raudhah *kudu
-rumah Abu Bakar r.a, Umar bin Khatab r.a, Utsman bin Affan r.a, dan Ali bin Abu Thalib r.a *terpisah lah rumahnya*
-pasar kurma
-masjid Gomamma
-masjid Quba
-bukit uhud
-Masjidil Haram
-Jabal Rahmah
-Jabal Nur, Tsur
-Arafah, Mina, tempat Jumroh.
-Laut Merah dan Masjid Apung

4. Cuacanya cukup ekstrem, buat saya. Bawa krim dari Indo tuh Ga guna banget (kecuali kalo lg perawatan wajah ya). Mending beli di arab aja.

5. Alhamdulillah, selama di sana, saya hanya sekali dikasih makanan khas arab. Kalau tiap hari aneh banget. Ga sanggup dah makannya.

6. Sekian dulu. Daah

Posted from WordPress for Android

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.