KKN!

KKN? Korupsi Kolusi Nepotisme? Bukan. Kali ini saya akan membahas kegiatan yang lagi nge-trend (?) bagi setiap mahasiswa S1 di tahun ketiga berkuliah di Unpad, yaitu Kuliah Kerja Nyata. Sebenarnya gak hanya di Unpad, masih ada kampus lain yang mengadakan kegiatan serupa. Di Unpad, KKN adalah kegiatan yang wajib diikuti oleh mahasiswa setelah mengontrak 80 sks dan merupakan salah satu syarat untuk bisa mengikuti sidang akhir.

Pada awalnya mungkin akan terasa malas dan berpikir,
“Harus banget ya KKN?”
“duh rempong
“duh ga bisa fangirling-an”
“duh susah sinyal”
“di kampung kan ga bisa ngapa-ngapain”
“apaan sih di desa kan ga ada apa-apa, gada K*C, gada M*D, gada J*o, ihhhhh”
“ga bisa bareng temen deket kan sedih”
“duh apa mending sewa joki KKN aja yaa?”
“duh males”,
.
.
.
.
.
.
dan berbagai keluhan lainnya. oh iya wajar saja kalau kalian berpikir demikian. Mungkin ada yang penasaran  saya sendiri gimana? Saya sendiri tidak punya pemikiran semacam itu. Entah karena cerita dari teman-teman dan senior di UPI yang katanya menyenangkan dan ga akan terlupakan serta teman-teman 2011 di Unpad yang bilang KKN menyenangkan, saya gak punya pikiran apa-apa, yang penting suasananya enak buat saya sudah cukup. Oh iya satu lagi, saya memang berencana buat kabur dari segala aktivitas kampus, jadi nyaris sebulan tanpa kabar ke oranv yang aku kenal, kecuali keluarga ehe.

lalu apa sih yang harus dipersiapkan?
1. Pilih lokasi untuk KKN. nah buat yang punya teman beda fakultas ini bisa dimanfaatkan buat janjian KKN bareng, karena di Unpad setiap fakultas punya jatah masing-masing di tiap desa. yang harus diperhatikan adalah sebaiknya cari info soal desa sebelum memilih. btw, faktor keberuntungan pun berlaku di sini, karena tempat yang enak biasanya diincar. kalau saya sendiri, dulu prinsipnya adalah yang penting ga bareng temen deket, jauh dari rumah biar ga usah pulang selama KKN, dan sisanya diserahkan pada Allah. and you know what? I got a lucky place, although it isn’t that near to the beach. Gimana gak hoki, ke pasar tinggal jalan kaki gak sampe 5 menit, alfamart indomaret ada, dipermudah banget pokoknya, padahal saya sudah mempersiapkan hal terburuk dari semua itu. banyak-banyak berdoa kalau mau tempatnya enak. ehe.

2. Ikut pembekalan dan ujian pra-KKN. pembekalan bisa di-skip kalau ada urusan mendadak tapi sebaiknya tetap ikut karena setelah pembekalan biasanya digunakan untuk berkenalan sama teman-teman sekelompok. Ujian sih memang harus ikutan tapi selow weh soalnya sama tiap taun.

3. survey. ini yang penting biar tau apa yang sekiranya perlu dibawa ke sana. ada yang sampai bawa kasur sendiri, galon, piring, panci, dan lain-lain. Saya ga akan dengan detail bawa apa aja, tapi saya ga sampai bawa barang semacam itu. Yang pasti bawa almamater, topi KKN, kemeja 2 helai, baju tidur, kaos santai, sendal, dan sepatu.

4. Keberangkatan, biasanya masih pada canggung. ada rasa enggan buat melakukan KKN.

5. sebulan di desa, biasanya ini yang akan berubah. ada yang awalnya dekat bisa jadi setelah KKN malah pajauh-jauh atau makin dekat.  ada yang cinlok, ga pengen pulang (ini saya btw, karena lelah dengan aktivitas kampus). ada “misi” juga sebenarnya, ada laporan yang harus diselesaikan, ada yang harus diisi karena bakal jadi penilaian individu. di sini kita harus bisa berinteraksi dengan warga desa dan belajar bersosial. biasanya bakal nemu hal yang gak pernah kamu lihat di kota. pokoknya banyak cerita dan ga akan kamu lupakan deh sensasinya. banyak hal yang bisa dilakukan selama sebulan. btw, yang punya program diet bisa sukses di KKN HAHAHAHA. saya sih ga kurusan, tapi beberapa teman KKN saya  ada yang kurusan selama KKN, meski makannya banyak banget! saran saya nih, kalo emang rumah dekat pasar, masak sendiri aja!

6. pulang dan pascapulang. bakal merasa kangen karena kalian akan merasa kangen sama desa. saya sih masih kangen sama teman-teman dan desa. enah kenapa asik aja di.desa uh. xD

sensasi kkn kalau diceritakan gak asik, harus mengalaminya sendiri :”)

mungkin sekian dulu dari saya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.