boseh!

Sebenarnya, dari dulu di Bandung (yaaa sekitar tahun saya awal kuliah kali ya?) sudah ada fasilitas sewa sepeda yang dikelola oleh pemerintah? eh? apa komunitas gitu. bahkan pengguna sepeda di Bandung pun ada komunitasnya. bahkan, demi mengurangi penggunaan kendaraan bermotor di kota Bandung (yang jumlahnya entah kenapa, berdasarkan yang saya perhatikan sendiri, makin bertambah tiap tahun, yang juga mengakibatkan saya sebagai warga kota Bandung yang, sebisa mungkin, selalu lebih memilih menggunakan transportasi publik kalau sedang berjalan-jalan tidak bersama keluarga, oke ini OOT),  Pemerintah Kota ataupun instansi tertentu berusaha mengupayakan untuk menggunakan sepeda sebagai salah satu transportasi dalam kota. Contohnya sih waktu saya disuruh ikut nganter ade ke sekolahnya, ada promo makan gratis di kantin bagi yang pakai sepeda ke sekolah di hari Jumat (tapi gatau apakah masih ada promo kayak gini, mengingat di sekolah si ade kebanyakan anak holang kayah yang tiap liat parkiran mobil di sekitarnya aja udah kayak showroom mobil mevvah).

coba perhatikan gambar di bawah ini!

img_6595

ada yang penasaran ga sih sebenarnya ini apa? saya pribadi sih memang penasaran. soalnya setiap jalan-jalan di pusat kota atau daerah yang banyak pengunjung yang berasal dari luar kota, saya suka melihat tempat parkir sepeda ini kosong seakan tidak ada fungsinya, namun ternyata ini adalah salah satu fasilitas terbaru yang disediakan pemerintah kota untuk warga maupun turis yang ingin bersepeda! saya sendiri untuk pertamakalinya, ketika dipaksa ikut olah raga sama Ayah di taman lansia, baru mencoba fasilitas yang satu ini karena saya malas jalan kaki. Namanya adalah BOSEH.

Boseh berasal dari bahasa Sunda yang artinya mengayuh sepeda. naaah Boseh ini sebenarnya, kalau yang saya lihat, semacam peningkatan dari pengadaan fasilitias sewa sepeda sebelumnya. yang bikin beda dengan fasilitas sebelumnya, kali ini sewanya gratis!

hah? gratis?

iya gratis! syarat untuk bisa menggunakan fasilitas ini cukup mudah, kita harus mengisi data diri ke petugas yang berjaga di dekat parkiran boseh, menitipkan kartu identitas, dan voila! kita bisa langsung menggunakan sepedanya! tentu saja, untuk mengembalikan sepedanya, kita harus kembali ke pos tempat kita meminjamkan sepeda! rentang waktu untuk meminjam sepeda ini adalah 1 jam (ini info dari petugasnya sih, gak tau juga apakah bebas untuk menggunakannya selama waktunya masih sesuai dengan waktu operasional). sebenarnya daripada dibilang sewa, ini lebih tepat disebut dengan berbagi sepeda kali ya karena nama aslinya ya share bike, bisa berbagi dengan yang lain untuk menggunakan fasilitas satu ini.

berdasarkan info yang saya baca dari sini, kita bisa memanfaatkan sewa sepeda ini dari pukul 08.00 hingga pukul 15.00. sebenarnya kita bisa mendaftarkan diri sebagai anggota supaya bisa menggunakan fasilitas yang satu ini dengan lebih fleksibel—maksudnya bisa bebas memarkirkan maupun menggunakan sepeda yang ada di shelter yang tidak ada petugasnya (ini berdasarkan interpretasi saya terhadap penjelasan petugasnya, jadi tolong kasih tahu saya kalau infonya kurang tepat.) tapi sayangnya untuk saat ini tidak bisa mendaftarkan diri sebagai anggota karena stok kartu untuk anggotanya sudah habis. semoga bisa segera diperbaharui karena saya juga mau daftar buat pakai boseh (TvT). saya kurang tahu apakah di setiap shelter ada petugas atau tidak, tapi yang pasti ada petugasnya sih di dekat taman Cibeunying dan di dekat taman Lansia (karena saya memang melihat langsung), tapi menurut artikel terdapat juga di jalan LRE Martadinata (tapi tidak disebutkan lokasi pastinya di mana) dan di Jalan Asia Afrika.

(WHAI LOKASINYA DI KAWASAN KANTORAN DAN WISATA DOANG /YAIYA ATUH NENG)

saya kira yang memanfaatkan ini cuma dikit (terutama pada hari kerja, kalau akhir pekan sih pasti ludes dipinjam semua ha ha), tapi ternyata orang kantoran juga ada yang memanfaatkan fasilitas ini, misalnya buat menghadiri rapat yang lokasinya tidak begitu jauh dari kantor tapi malas menggunakan kendaraan pribadi. bagi saya pribadi, adanya fasilitas ini memudahkan orang yang ingin bersepeda tapi malas beli sepeda, orang yang malas menggunakan kendaraan bermotornya tapi juga gak mau pakai transportasi umum (misal: karena faktor akses jalan yang cukup rumit atau tempat kerjanya gak sejauh itu) dan juga malas jalan, atau yang ingin bisa menghindari macet dan mengurangi polusi. Toh selama saya menggunakan ini banyak juga orang yang tidak menggunakan pakaian olahraga tapi cuek aja pakai sepeda (dan itu termasuk saya)

Untuk sepedanya sendiri, dia ada 3 gigi, yaa cukup membantu lah karena kondisi jalan di Bandung itu keliatannya datar-datar aja tapi kalau pake sepeda lumayan kerasa tanjakan turunannya. Seperti yang terlihat di gambar atas, sepedanya mungkin memang agak kecil tapi ukurannya yaa masih bisa dipakai sama orang dewasa yang badannya sebesar saya lah. selain itu, buat perempuan yang menggunakan rok panjang, sepeda ini tidak akan membuat rok kalian tersangkut pokoknya! Di depannya stangnya kita bisa taruh barang lah. asal baranngya bukan tas besar banget gitu ya.

img_6594
itu harusnya Boseh bukan Bosen (duh malu banget sih fasilitas umum udah kayak gini aja padahal ini masih baru)

sejujurnya, saya senang sekali ada fasilitas ini (meski hanya terpusat di kawasan wisata aja sih). soalnya sebenarnya Bandung itu bukan kota yang besar, cukup jalan kaki atau bersepeda untuk bepergian ke suatu tempat ke tempat lain, terutama kawasan wisata Jalan Riau-Dago-Alun-alun…. ya meski kalau memang benar-benar jalan kaki ya lumayan jauh. sebagai orang yang masih lebih memilih sebisa mungkin tidak menggunakan kendaraan pribadi buat main, fasilitas ini benar-benar membantu! sambil main sambil olahraga lah (ceritanya).

Karena ini merupakan fasilitas gratis, bagi yang ingin menggunakan fasilitas ini, tolong jaga dan gunakan fasilitas ini dengan bijak!

 

catatan:

  1. seluruh dokumentasi yang terdapat di postingan ini adalah dokumentasi pribadi.
  2. tulisan ini didedikasika untuk #1minggu1cerita

1minggu1cerita

2 thoughts on “boseh!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.