Me-Time!

Namanya juga orang, kalau udah jenuh terhadap rutinitas yang itu-itu aja, biasanya ada kecenderungan ingin kabur dari keadaan saat itu. Tugas bertaburan? Pekerjaan Rumah Tangga gak kelar-kelar? Waktu untuk berlibur tidak ada? uang terbatas?  Saya punya beberapa ide untuk bisa tetap menciptakan ide untuk membuat Me-Time berkualitas ala-ala saya, seorang mahasiswa yang tugasnya selalu bertaburan seperti bedak tabur yang tercecer dari tempatnya.

  1. Karaoke! eits, bukan pergi ke tempat karaoke beneran ya (kan ceritanya uang terbatas). zaman serba canggih seperti saat ini sih kita bisa memanfaatkan aplikasi yang sekiranya bisa menghibur diri sendiri kala gundah gulana menerpa diri ini. Nah, coba deh lirik apple store/google play dan cari aplikasi buat karaokean. ada banyak. saya pribadi pakai sm*l* biar bisa karaokean. Lagu segala bahasa ada. saya pribadi paling buat karaokean lagu kalafina, morning musume (segala era), sound horizon, dan ikimonogakari (serta beberapa lagu weebs)  ada tapinya kalau pakai aplikasi satu ini, kalau mau satu lagu kita doang yang nyanyi, harus bayar akun VIP. Bagi yang menggunakan ponsel android, biaya per tahunnya cukup murah, kalau pakai iOS, biayanya….. terima kasih dan wassalam. Tapi saya akui kalau pakai iPhone memang lebih bagus fiturnya  (Hahahaha). Meski banyak jenis orang yang yang nyanyi di apps ini (baca: ada yang onchi(1), ada yang pro), tapi lumayan lah buat lepas stress :)) Nyanyinya jangan pas di rumah banyak orang, ntar dikira orang gila nyanyi gak jelas
  2. Nonton! (meski mau gak mau harus mengakui bahwa tindakan ini ilegal) Nonton  hasil unduhan film atau serial drama atau anime  itu merupakan salah satu hiburan yang murah meriah. Tontonlah film dengan genre ringan seperti humor. Karena saya memang lebih sering nonton drama/ anime Jepang, saya cuma bisa kasih rekomendasi yang berbahasa Jepang sih ya he he he. Kalau anime: Gekkan Shoujo Nozaki-kun, Barakamon, Slam Dunk (iya ini lawas tapi bagus). Drama: Hanazakari no Kimitachi e (2007), Nodame Cantabile (2006/2007), hemmmmmmmm……….. My Boss My Hero, Yukan Club. (ketauan banget udah gak update drama kekinian.) Eh tapi sih….kalau ada uang dan waktu untuk me-time, saya pribadi terkadang nonton di bioskop kok (meski jarang inisiatif sendiri). Kalau punya uang berlebih, nonton konser juga bisa menjadi me-time moment kok.
  3.  Main game! Game ponsel saat ini kan beragam. Saya pribadi main otome game (iya tau kesannya jones haha) tapi saya ga main yang romance. main yang bisa memecahkan misteri (bukan pembunuhan). Atau game ringan semacam neko atsume, juga bisa menjadi me-time buat saya pribadi.
  4. Main sama kucing atau piaraan.. tidak semua orang bisa main sama kucing/hewan (bisa dari kucingnya/piaraan yang gak suka sama kita atau sebaliknya). kalau yang memelihara kucing/piaraan di rumah, ada kucing/piaraan itu udah jadi hiburan tersendiri. tapi… buat yang gak punya kucing/piaraan, coba deh liat di sekitar kalian, ada hewan yang bisa dikasih makan ga sama kita. kalau ada coba kasih. tapi efeknya kalau hewannya balik lagi risiko tanggung sendiri :p
  5. Makan-makan enak dengan harga miring. buat saya ini adalah kebahagiaan, apalagi kalau tempatnya enak atau pewe :))
  6. Masak! percaya gak percaya, masak bisa menjadi salah satu saya bisa menikmati me-time. apalagi kalau memasak makanan enak dengan biaya dan bahan seadanya. itu seakan menjadi tantangan tapi hiburan buat diri sendiri. Syukur-syukur kalau rasanya enak sih :”)
  7. Olahraga. Saya pribadi sebenarnya jarang olahraga, tapi saya suka berenang sama bersepeda (meski gak jauh-jauh kalau sekarang). Berolahraga membuat pikiran terasa ringan (dan berakhir dengan tidur). Apalagi kalau selesai berenang terus makan mi rebus atau mi goreng pakai telur.
  8. Jalan-jalan sendiri. Orang di rumah termasuk yang memberi pandangan ‘aneh’ dan sampai dibilang “kamu ga ada kerjaan banget jalan sendirian” karena saya lebih suka jalan-jalan sendirian, bahkan ke luar kota pun kalau dibolehkan buat jalan sendirian sih….. mau aja. Kadang jalan-jalan sendiri itu bikin kita merenung, dan ada aja hasil renungan yang bisa membuat kita semakin merasa segar dan ringan kembali. Asal ujungnya ga belanja sih… jalan-jalan sendiri juga termasuk menyenangkan kok.
  9. Tidur, senjata ampuh menghabiskan me-time. kalau udah capek atau sntuk banget, obat paling mujarab ya tidur. bahkan meski tahu ada deadline tugas yang sudah mepet banget, tidur yang sebentar pun sudah sangat berharga.
  10. beberes kamar. dulu sih pas lagi di kosan, salah satu cara saya menghabiskan waktu atau membuat waktu me-time adalah membersihkan kamar. yes. kamar saya memang gak rapi-rapi amat (malah sayanya sendiri ada kecenderungan lebih suka memberantakkan kamar /heh), tapi sekalinya bersih-bersih, langsung besar-besaran. kalau udah gitu, kadang suka menemukan barang-barang yang udah lama dicari atau memilah barang mana yang bakal dibuang, mana yang disimpan, atau bahkan mengenang satu kegiatan yang menggunakan barang tersebut. asal selesai bersih-bersih jangan langsung diberantakkan saja :))

Dari semua me-time yang pernah saya lakukan, me-time terbaik yang pernah saya lakukan adalah pada saat saya ke Jepang bulan Mei 2017. Jalan-jalan di negeri orang, sendirian, ga ada teman, tapi rasanya banyak sekali hikmah yang saya dapatkan dari perjalanan pada saat itu. apalagi kalau sudah tersesat. :))

iya tau, ini tips belum tentu berguna buat orang lain tapi saya pengen berbagi saja dengan semuanya :DDD

 

 

(1)Onchi: buta nada


Tulisan ini merupakan pengembangan topik dari:

1minggu1cerita:

13 thoughts on “Me-Time!

  1. Wah, yang nomor 10 kayak tipikal laki tuh. Jarang bebersih kamar, sekali bebersih, sampai angkat2 lemari, jongkok2 bawah kasur dsb 😂

    Pengalaman selama di Jepang ada ditulis di blog ini nggak kak? Izin ngubek2 postingan lamanya yak haha

    1. halo Levina. untuk sekarang saya suka main game yang namanya Doubt-usotsuki otoko wa dare- atau kalo di bahasa Inggris namanya Liar: uncover the truth. kayak light novel gitu. (sebenernya itu satu-satunya game yang masih bertahan di hp sih ha ha soalnya saya biasanya bosenan kalo main game)

      kalau karaoke… tergantung sama siapa sih. he he. biasanya ga ada preferensi lagu tertentu sih, tapi kalo sama temen yang ngerti bahasa jepang biasnya bakal pilih lagu yang punya lirik aneh dan bisa dijadiin bahan ketawaan sih. kalau Levina gimana?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.