Detective Conan Movie 22: Zero the Enforcer- menurut Zahra

Sebelumnya, untuk sedikit memahami bagaimana saya harus menceritakan tentang Detektif Conan, sebagai permulaan, teman-teman silakan baca ini terlebih dahulu agar sedikit mengingat atau setidaknya mengetahui kalau film conan itu seperti apa. DAN SEPERTINYA akan menjadi postingan yang panjang.

Mari kita mulai!

Detective Conan Movie 22 adalah movie yang rilis pada tahun dengan 2018. Sebenarnya pada tautan di paragraf sebelumnya adalah tautan untuk tinjauan film yang ke-20 Mengapa saya tidak membuat tinjauan yang ke-21? karena saya tidak suka ceritanya, biasa aja meski ada Ono Daisuke, seiyuu (voice actor) dengan suara ikemen kedemenan saya. Rasanya ceritanya terlalu fokus sama Heiji-Kazuha (ya wajar sih karena tokoh utamanya ya mereka). Selain itu, impresi saya ke filmnya kurang bagus jadi ya daripada isinya menghujat karena saya tidak suka ceritanya lebih baik tidak menulis.

Yang membuat saya senang, film Conan itu biasanya rilis di pertengahan bulan April, dan kebetulan untuk film yang tahun ini (2018) rilisnya bertepatan dengan ulang tahun saya, kalau di Jepangnya HEHEHEEH.

FYI: film ini paling laris di Jepang, bahkan sampai mengalahkan The Avengers: Infinity War pada saat pekan pertama ini rilis.

Gambar promosi dari Gosho Aoyama

gambar dari web resmi dan gambar yang teman-teman lihat di bioskop yang menayangkan conan.
Gambar yang saya foto setelah selesai nonton.

kalau lihat dari gambarnya ada yang bisa menebak siapakah pemeran utamanya (selain Conan laaah)?

yes

si pirang yang kadang sok keren tapi kadang greget ini orang maunya apa

Amuro Tooru a.k.a Bourbon a.k.a Furuya Rei a.k.a Zero (buset dah namanya banyak banget emang seterah yang buatnya ajalah HAHAHA). Meski nama aslinya Furuya Rei, saya mungkin akan lebih dominan menulis soal sosok ini dengan Amuro.

Saya akan sedikit menjelaskan tentang jati diri Amuro yang asli terlebih dahulu dan menjelaskan mengapa dia terkenal dengan 3 wajah (walaupun buat saya sendiri dia lebih dari 3 wajah ya).

Siapa sih orang ini?

Nama aslinya adalah Furuya Rei, posisinya sebagai kepala divisi di 公安(Kou’an)atau Public Security Bureau (selanjutnya saya tulis PSB), salah satu unit kepolisian yang kalau saya interpretasikan sendiri adalah intel kepolisian. soalnya kalau dilihat dari cara bertugasnya beda sendiri (lebih seenaknya dan punya akses lebih luas bahkan apabila dibandingkan dengan Inspektur Megure).

Di antara pasukan PSB pun tidak ada yang tahu soal jati diri pemimpin mereka (Amuro) yang sebenarnya karena setiap kali memberikan perintah, ia menggunakan nama sandi Zero, jadi yang tahu siapa sosok Zero sebenarnya berarti dia adalah orang yang dipercaya oleh Amuro di PSB, salah satunya adalah yang bernama Kazami, yang juga muncul di movie ke-20 kalau saya tidak salah ingat, karena dia memanggil Amuro dengan nama Furuya-san. Atasan Amuro bernama Kuroda dan dia menyusup di Black Organisation (selanjutnya ditulis BO) dengan kode nama Bourbon untuk mencari tahu soal apa, saya pun tidak tahu sampai saat ini, mungkin sama kayak FBI yang mengincar organisasi ini.

Bagaimana caranya dia bertemu Conan?

agak rumit untuk menjelaskan bagian ini, namun pada awal kemunculannya di komik, dia mengincar dan menelusuri kasus Sherry (kondisinya adalah, Amuro belum (dan mungkin sampai saya menulis konten ini) mengetahui sosok Haibara yang asli meski ada kemungkinan mereka pernah bertemu waktu kecil karena Amuro pernah bertemu dengan Elena (Ibunya Haibara)). Nama sandi dia kalau di BO adalah Bourbon dan salah satu cara untuk bisa menangkap kepercayaan orang-orang di BO ini, dia harus bisa menangkap Sherry a.k.a Haibara Ai a.k.a Miyano Shiho. dan ngomong-ngomong, dia mungkin seperti yang bekerja di bawah pengawasan Gin, meski kalau yang saya lihat dia sebenarnya bekerja dalam pengawasan Vermouth yang disuruh langsung oleh anokata, pemimpin BO, Gin masih tidak bisa berkutik kalau sama Vermouth karena Vermouth adalah anggota kesayangan anokata.

Naaah yang punya data berkaitan dengan aktivitas detektif ‘kan Kogoro, apalagi dia memang terkenal juga dengan Kogoro Tidur yang sudah memecahkan berbagai kasus, dan beberapa di antaranya berkaitan dengan kasus yang ada kaitannya dengan Sherry. agar mudah menyelundup, dia menyamar jadi Amuro Tooru dan bekerja sambilan di Poirot, restoran yang ada di bawah kantor detektif Kogoro dan berpura-pura menyamar jadi seseorang yang baru belajar menjadi detektif dan dari sinilah Amuro bisa bertemu Conan. begitu sodara-sodara.

Jadi, apa yang membuat dia mendadak terkenal di Jepang, padahal yang menulis konten ini jauh lebih suka Akai-san

1. Sebagai seseorang yang memang lebih suka Akai, saya mau tidak mau HARUS  mengakui Amuro ini tipe yang pintar dan licik, parah orangnya. Apa tujuan asli dia pas awal-awal termasuk yang susah ditebak, jauh lebih susah daripada saat menguak siapa sosok Vermouth sebenarnya. tapi yang membuat dia terkenal adalah satu dialog dia. saya kebetulan menulis dialog mereka, ya demi konten ini. tapi ini mungkin akan jadi spoiler ya. jadi kalau tidak suka silakan diskip ya

コナン:安室さんって彼女いるの?

Conan: Amuro-san tte kanojo iru no? (Amuro-san punya pacar gak sih?)

安室:(どや顔で)僕の恋人は、この国さ。

Amuro: (doyagao de) boku no koibito wa, kono kuni sa [(dengan wajah pede/songong (?)) Kekasihku,  adalah negara ini]

2. Saking mendadak terkenalnya, banyak sekali dampaknya. karena satu line Amuro di sini, banyak yang mau menjadi kono kuni yang maksudnya adalah negara Jepang. karena jepang ini luas, berdasarkan analisis abal saya, banyak yang jadi suka karena gini lho, kalau kamu jadi Jepang, kamu bakal dilindungi sama Amuro habis-habisan karena seperti menjadi kewajiban baginya untuk melindungi Negaranya sendiri yang dianggap kekasihnya sebagai bagian dari PSB meski harus mempertaruhkan negaranya.

3. hanko (semacam stempel) yang ada marga aslinya Amuro benar-benar terjual dong di Jepang (klik ini untuk mengetahui bentuk gambarnya; maaf saya tidak akan mengunggah gambarnya di sini). berdasarkan info yang saya dapat pas menonton berita tentang fenomena Amuro (IYA, BAHKAN SAMPAI ADA BERITANYA DI JEPANG KURANG MAMEN APA COBA. bahkan Japan Times dan Asahi Shimbun membahas ini, dan tenang ini pakai bahasa Inggris kok), banyak fans Amuro yang membuat Hanko dengan marga 降谷. meski banyak orang memiliki marga Furuya (dan fyi ga penting, teman saya ada yang namanya furuya tapi kanjinya「古谷」dan termasuk yang masih agak umum kalo ga salah.),  kanji yang dipakai sebagai nama Amuro termasuk yang jarang di Jepang, katanya yaaaa. Alasan mereka membeli ini adalah, agar merasa seolah-olah mereka mendapatkan tugas dan sudah diberikan oke oleh Amuro. Boleh dibilang ini kayaknya “SETDAH GAK MASUK AKAL BANGET” tapi kenyataaanya itulah yang terjadi.

4. Selain itu perbedaan karakter saat jadi Amuro yang populer di antara anak SMA dan bersifat lembut, saat jadi Furuya yang bakal melakukan apapun meski terkesan kejam dan sadis, dan saat jadi Bourbon yang juga mirip-mirip Furuya tapi lebih sadis hahahaha. kalau kata orang jepang ini menjadi gap moe (gap perbedaan karakter yang membuat dia menjadi tampak imut. OH MY GOD)

5. Saking terkenalnya, ada komik spin off  KHUSUS TENTANG KESEHARIAN AMURO. Meski ga dibuat full oleh Aoyama-Sensei tapi cerita ide aslinya emang dari beliau sih. judulnya “Zero’s Tea Time atau Zero no Nichijou” (keseharian Zero). Kalau digambarkan ya begini isi komiknya.

tenor.gif

Penjelasan saya soal Amuro sampai di sini.

Selanjutnya, seperti biasa saya akan membuat rangkuman soal cerita filmnya dan menjelaskan dalam bentuk poin

    1. Secara teknik filmnya, 1 kalimat dari saya soal film ini: BUANG BUANG BUDGET. grafisnya memang bagus, apalagi di beberapa scene yang BERHASIL MEMBUAT SAYA TERTAWA TERBAHAK-BAHAK TIDAK TERKONTROL SELAMA NONTON. kalau pacing cerita, dia di atas film ke-21 tapi masih di bawah yang ke-20.tentu saja, keuntungan film ke-21 yang cukup melejit meski ceritanya biasa pake banget benar-benar dimanfaatkan di film ini. hanya saja cukup disayangkan pada bagian pertengahan awal ceritanya agak monoton dan lebih banyak menjelaskan istilah-istilah kepolisian Jepang yang sejujurnya bikin ngantuk dan serasa lagi sesi choukai ujian UKBJ. TOLONG AHAHAHA. beberapa orang yang saling berbagi kesan sama saya pun berbicara soal ini.
    2. FILMNYA bear-benar fokus sama PSB dan sedikit selingan kepolisian Tokyo.
    3. Sedikit inti ceritanya, adanya teror sebelum Konferensi Tingkat Tinggi antar negara yang mengakibatkan hancurnya gedung yang awalnya akan digunakan untuk konferensi tersebut, mengakibatkan PSB harus berbuat sesuatu untuk bisa mengangkat kejadian ini sebagai kasus, dan PSB membuat sosok tersangka dan yak, kali ini Kogoro yang menjadi tersangka. Singkat cerita, terkuaklah kalau terornya sendiri memanfaatkan kecanggihan teknologi yang memafaatkan internet untuk segala urusan rumah tangga, dari rice cooker, tv, komputer, sistem keamanan rumah dan lain-lain dan sosok yang diancam teroris ini adalah SB, dengan fakta kalau tidak ada korban warga sipil di tempat KTT yang dihancurkan. dan di film ini saya mendapatkan sattu fakta, kalau saya masih belum handal untuk menganalisis karena perkiraan pelaku yang saya tebak SALAH TOTAL DAN ALASANNYA ADALAH UNTUK MEMBAHAS DENDAM PRIBADI pas nonton saya cuma bisa “….HA!?”. tenor1
      dan btw, teman saya merangkum secara garis besar tentang kesan film ini juga sebagai bahan pertimbangan ya
    4. Seperti biasa, Shounen tantei jadi antara perusak momen atau jadi kunci penyelamatan dari kasus yang harus dihadapi Conan. =))
    5. KHUSUS HAIBARA, sejak film tahun kemarin mau aja disuruh Conan, ngeluh tapi tetep aja dilakukan. baiknya
    6. tenor2 “KEPROK DULU DONG BUAT SAYA”
    7. Seperti biasa juga, tebak-tebakan Profesor Agasa garing (dan setidaknya menjadi kunci untuk filmnya ya lol)
    8. Seperti biasa juga, Ran galau karena Shinichi…kalau aku bilang ya…. APA SIH MANEH DIKIT-DIKIT SHINICHI MELEEE HHHHHH tapi emaknya ikut turun tangan jadi ga setergantung itu lah ya
    9. Seperti biasa (lagi!?) Bom dan bom. ya perhatikan deh semua film Conan, pasti ada BOMNYA! coba tolong kasih tahu saya mana film conan yang ga ada bomnya?
    10. Ada mas ganteng Matsuda yang mati karena ngejinakin bom, LAGI! pas nonton aku refleks AH MATSUDA! HUHUHUHUHUH MAS TAMPAN KENAPA KAU MATI DULUAN SIH :))
    11. Sebelum lanjut, saya ingatkan ini spoiler dan kebanyakan merupakan respon saya terhadap film. secara garis besar respon saya terhadap film ini adalah: “TSUKKOMI TOKORO OOI (banyak yang bisa dikomentari)”
    12. Di manapun Ran atau detektif cilik berada, di situlah bom atau kerusuhan terjadi
    13. BEBERAPA PARODI AGAR GAK KENA LISENSI KARENA PAKAI NAMA ASLI
      • NOR–> TOR, gambar bawang diganti jadi sawi. pls saya auto ketawa
      • NASA –> NAZU
    14. “…..Shinichi nii-chan tte itteta yo (itu kata Kak Shinichi lho).” tau lah siapa yang bilang macam ini
    15. “….kyouryokusha ni morau? (maukaah kau menjadi kooperatorku?)”
    16. Setelah di film ke-20 gelut bak naruto, Amuro juga ternyata punya kemampuan untuk menghilang sekilat ninja!
    17. BANYAK BANGET ADEGAN ARIENAI (GAK MUNGKIN) DAN KEK GAK MASUK AKAL DI FILM INI.
    18. DiTQ1xjVMAADddK
      klik di sini untuk sumber aslinya

      ini ada di film dan sejujurnya saya refleks ketawa pas bagian ini gegara ngeliat gambarnya sebelum nonton, padahal ini bagian yang cukup intens sebenarnya.

KENAPA CONAN GA LANGSUNG NAIK MOBIL AMURO MALAH PAKAI SKATEBOARD BUAT MEMANTAI DAN SEMPAT-SEMPATNYA NGOBROL PADAHAL LAGI CHAOS. (Akhirnya naik sih) tapi tetap saja

    1. AMURO ADALAH NINJA DAN ORANG PALING NEKAT DI ANTARA CONAN UNIVERSE. KERETA LAWAN MOBIL dan MASIH BISA SELAMAT AKU PAS NONTON UDAH NGAKAK KEJER TAPI KENAPA DI SEKITAR SAYA PADA TERPANA PADAHAL SAKING GA MUNGKINNYA SAYA BENERAN KETAWA jadinya agak kontrol deh akhirnya. tapi serius why kalian so serius nonton conan. saya tahu Mission Impossible adalah kemustahilan tapi film ini sudah di

a whole new level.

    Contoh:
    • BAGIAN DEPAN MOBIL AMURO UDAH RINGSEK HAMPIR DI AKHIR FILM TAUNYA GA LAMA KEMUDIAN AUTO BALEG!?
    • sudah terlempar sejauh itu, kena pecahan kaca dan berdarah-darah MASIH AJA SOK KEREN! HEH ELING!
      • Conan juga sama aja. Teh Aya sampai komen, “itu kacamata Conan pake lem ya, ga lepas sama sekali meski udah kebanting-banting.
    • Conan dan Amuro harusnya JATUH tapi dengan sebuah keajaiban mereka masih bisa bergelayutan dan sempat sok keren
  1. Ada karakter yang bernama Kusakabe dan buat saya, dia itu bak karakter Sinetron.
  2. kapal Amuro-Azusa rasanya semakin berlayar di sini.
  3. beberapa terjemahan yang bikin saya ngakak dan merinding geli sendiri
    • “dua hati menjadi satu”
    • ada karakter yang namanya Kyoko, terus pas dia ngomong apa gitu, diterjemahkannya “WAHAI BOCAH” !
  4. sebenarnya sudah ngerti kenapa dia dualsub, tapi tetap saja saya pusing sehingga akhirnya saya lihat subtitle buat bagian yang memang saya tidak paham. kakak sepupu saya yang saya ajak nonton ini sampe pusing. tapi untuk terjemahannya sudah lebih baik, sedikit. setidaknya gak google translate banget ya.
  5. setidaknya penonton palinter.
  6. ini mah saya pribadi, tapi maafkan saya buat yang nonton kebetulan bareng saya dan keganggu gegara kebanyakan ketawa selama nonton in. lagian why so serioussss? padahal tahu bakal sangat mengganggu kaian tapi maaf, kali ini saya ga bisa nahan kettawa :”)
  7. saya tahu kalau teknologi 5G udah ada tapi sedikit tidak menyangka kalau itu akan dimunculkan di filmnya.
  8. FILM CONAN TAHUN DEPAN ADA KAITO KID LAGI HEHEHEHEHEHEHEHEHEHHE dan sepertinya Singapura akan eksis ya (dan beberapa orang responnya langsung “kyaaaaaa kiddo sama <3” LOL )

buat saya sih beberapa urutan film yang jadi mahakarya buat film Conan adalah

6<2<3<20<18<22<14<8, 10<7<13.

selebihnya biasa.

sekian dulu kesan saya soal film ini. kalau ada yang kelewatan akan saya tambah sih

btw saya nemu ini di web filmnya.

KENAPA TETIBA ADA GUNDAM X CONAN!?

saya tahu ini jadi bahan joke  di antara fan gundam dan conan. saya ga begitu paham sih tapi intinya pengisi suara Amuro dan Akai itu saling berkaitan. Nama amuro diambil dari karakter di gundam sementara nama furuya diambil dari pengisi amuro di conan, yang kalau Amuro di film gundam ini suaranya diisi sama pengisi suara akai (kalau ga salah tapi silakan dicek aja ini cuma trivia saja)

jadi, review gak jelasnya sampai di sini dulu.

See you!

3 thoughts on “Detective Conan Movie 22: Zero the Enforcer- menurut Zahra

    1. HAHAHHAHA Abis udah ngantuk banget pas setengah bagian awalnya. Liat adegan yang “mustahil” macem gitu ya saya auto tertawa lah 🤣 kebetulan sebelah kanan saya kaka sepupu yang diajakin nonton (ikutan ketawa) dan g ada orang di sebelah kiri saya kayaknya tapi ya emang bener saya ngakak paling kenceng si dibandingkan yang lain wkwkwk 😂 udah ga degdegan nonton adegan macem itu soalnya (Kalau yang Akai nanti ga tau ya)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.