Stasiun di Jepang? Nah. Ini Jakarta.

Beberapa kali ke Jakarta menyadarkan saya betapa beberapa stasiun KRL dan seluruh stasiun MRT di Jakarta mengingatkan saya akan beberapa stasiun di Jepang…. Wajar aja sih karena keretanya aja dari Jepang (meski yaa untuk KRL kereta tahun 80an, tapi masih bisa beroperasi dengan baik)

Di Stasiun Manggarai atau Jatinegara ya…. lupa. Tapi gaya stasiunnya mengingatkan saya akan Stasiun Osaka.

Bacanya “joumuin shitsu” yang artinya ruangan untuk staf. Ini bagian loko harusnya tapi kalau di Jakarta kayaknya memang hanya jadi satu rangkaian aja, padahal sepertinya bisa terpisah kalau beda lajur. Jadi ingat aja waktu jalan jalan naik kereta tertentu kadang diwanti-wanti kalau gerbong 1-4 misalnya tujuan ke Stasiun A, gerbong 5-8 ke Stasiun C. Jadi lajurnya sama sampai stasiun tertentu (misal stasiun B) nanti pisah pas di B.

(Eh tapi pas jalan-jalan dulu ada aja deng yang bagian ini di tengah lol)

Bisa menemukan ini kalau kebetulan naik di bagian ujung gerbong, yang terkadang emang ditempatkan di tengah-tengah rangkaian.

Stasiun MRT bundaran HI. Saya merasa sedang di stasiun bandara Narita/Tokyo Metro 😂

Bahkan mesin penjual otomatisnya fix itu sistem kereta jepang(sayang lupa foto saking senengnya pengen mencoba beli sendiri wwww)

Penampakan tiket single trip. Oh iya kalau sekarang sih udah bisa pakai Emoney/Flass semacamnya juga kok. Kartunya busa dibalikin. Harga kartu 15 ribu (sebagai jaminan, kalau pas sampai di stasiun tujuan dan ga akan pakai kartunya lagi, kembalikan ke petugas dan uang 15 ribu kalian kembali)

Naaah tapi bedanya, kalau mrt di Jakarta, untuk platform naik kereta yang bagian bawah tanahnya plek stasiun MRT Singapura. Ga ada jepang-jepangnya.

Kalau boleh saya bilang, stasiun MRT Jakarta ini kombinasi Stasiun bawah tanahnya Jepang dan MRT Singapura tapi tetap punya nuansa yang mirip gitu. Soalnya kalau ga salah ya, yang di Singapura juga dari Jepang yang membangun konstruksinya. Well tolong kalau yang menemukan info yang paling tepat berbagi info di komentar yak.

Bagian dalam kereta MRT. Lebih lebar daripada krl.

Enakan mana? Mrt lah jelas. Masih baru HEHEHEH semoga semua pengguna MRT dan KRL bisa menggunakan semua fasilitas yabg ada dengan baik.

Sejujurnya, Jakarta tuh udah cukup enak moda transportasi umumnya cuma ya karena padat syekali pwnduduk dan banyak pendatangnya, jadi ya….. o<-< kadang heran aja, udah sarana transportasibya paling mendingan dibandingkan kota lain masih aja ngeluh. Huhu.

Bonus:

Di dalam gerbong wanita dan sedang rush hour. ‘Perang’ di sini paling parah HAHAHHAHAH. Harus bisa TATAKAE dan ichika bachika. Salah salah ga bisa turun heuheu.

Sekian!

One thought on “Stasiun di Jepang? Nah. Ini Jakarta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.