Webtoon favorit 2019! didominasi dengan genre isekai!?

Hola hola, sudah dua tahun ini saya buat kompilasi mengenai webtoon favorit. Nah mungkin ada yang belum tahu, kalau webtoon itu sebetulnya salah satu format komik yang dipublikasikan pada situs tertentu dan yang memopulerkan ini adalah Korea. Bisa dilihat, rata-rata situs yang menyediakan jasa ini berasal dari Korea. Jadi buat kalian yang berpikir “Ih itu mah dari Ciayo” atau “ih itu mah dari webcomics/kakaopage” NOPE. Kalian salah besar. Itu semua bisa dibilang webtoon. Hanya saja yang membuat bingung adalah….. penamaan penyedia jasa webtoon dari Naver adalah Webtoon. Makanya kalau sekarang bilang webtoon (khususnya di indonesia)  pasti banyak yang merujuk ke Naver Webtoon Indonesia. Jadi untuk komik yang dari naver akan disebut Webtoon ya.

Naaaaah.

Taun 2019 bukannya makin rajin baca buku novel atau teori apalah yang berkaitan dengan keilmuan saya, malah jadi rajin dan makin rajin baca komik. Sudah gitu, bukan komik jepang, tapi komik korea, dengan format webtoon yang dipublikasikan pada provider bernama webcomic indonesia, yang akan saya tulis dengan weco untuk selanjutnya. Hal ini berawal ketika Webtoon mempublikasikan komik yang berjudul Suddenly I became a Princess (SIBAP). Pada saat itu saya belum sadar kalau ini termasuk ke dalam genre isekai (異世界;dunia lain) ATAU kalau di bahasa Jepang sekarang lebih sering pakai istilah Tensei (転生;pindah duunia) karena pada dasarnya karakter utama di komik SIBAP ini… awalnya merupakan manusia biasa yang tinggal di bumi terus masuk ke dunia novel.Berawal dari sinilah keingintahuan saya mengenai komik yang sejenis (dan dari Korea) muncul.

Kenapa Korea?

Karena romantis. Gak deng.

Sebenarnya lebih ke alasan pribadi, yaitu….. karena kalau genre Isekai di komik Jepang lebih banya yang genre Fantasi, dengan fanservice yang agak berlebihan, dan lebih banyak yang ceritanya lebih ke tema heroik tapi ya itu, balik lagi ke fanservice yang berlebihan (macam dada besar, baju supah seksi). Udah gitu karena ini juga sampai ada meme Truck-kun karena biasanya kalau di komik Jepang mereka transfer hidup karena ditabrak truk, mati, terus masuk ke dunia lain. hahahahaha. Selain itu, judulnya panjang kayak judul FTV. Untuk ini ga cuma jepang, yang korea juga gini. Kalau yang korea, kebetulan yang aku baca memang sedikit lebih masuk akal alias gak fanservice melulu (atau mungkin karena saya mencari yang memang ceritanya bukan seperti itu jadi dapetnya ya sesuai sama yang saya cari… saa naa)

Kalau misalnya masih bingung apa aja ciri khas isekai, secara garis besar yaaa seperti ini yang aku tangkap….

  1. Tema kerajaan abad pertengahan atau historis yang dimodifikasi
  2. Bajunya banyak mengambil referensi eropa jaman pertengahan
  3. Ada unsur magis
  4. Tokoh utamanya biasanya berasal dari dunia yang berbeda yang memasuki dunia novel/game/dunia lain beneran dunia lain haha. Tapi tidak jarang juga ada yang menggunakan tema perjalanan waktu
  5. Kadang ada yang ga bisa balik ke dunia nyata ada yang milih menetap di dunia baru
  6. Kebanyakan berupa sistem monarki, jadi intrik politiknya lumayan main senggol bacok antar fraksi
  7. Merupakan adaptasi dari novel
  8. Isekai Jepang, banyaknya memilih cerita yang tidak terlalu bikin mikir alias ringan.
  9. Isekai Korea, kebanyakan romance tapi intrik politiknya banyak yang menyebalkan alias pitabokeun. Selain itu banyak mengambil latar cerita untuk mengubah nasib karakter utama di ceritanya.

Jenis Isekai bisa dibilang netral sebenarnya, tapi ya ada aja cerita yang memang pangsa pasarnya untuk laki-laki, ada juga yang untuk perempuan. Nah sepertinya saat ini, lagi banyak sekali adaptasi komik isekai yang berasal dari webnovel (baik di Jepang maupun Korea) yang memilliki pangsa pasar untuk perempuan. Di korea , jenis ini mulai jadi tren sepertinya pada tahun 2017, sementara di Jepang cukup baru, 2018-2019. Setelah saya cari, webnovel jenis itu sudah banyak sejak tahun 2011. Kalau di Indonesia mungkin baru booming webnovel macam gini di aplikasi wattpad.

NAH BALIK LAGI KE TOPIK AWAL

Sejak baca si SIBAP ini, saya jadi penasaran dengan komik sejenisnya tapi yang berasal dari korea, dan ternyata kebanyakan dia berasal dari provider kakao, saingan naver lah gampangnya. (Kalau bingung, anggaplah naver itu google, kakao itu yahoo). Lebih tepatnya, pada aplikasi Kakaopage. (dan setelah saya cek, SIBAP dia masuk Webtoon karena yang versi korea, dia terbit di dua aplikasi, kakaopage dan series, aplikasi khusus komik berbayar dari naver). Yaa namanya juga penasaran, jadi saya baca dong semuanya… meski pada akhirnya saya bosan dan memang memilih untuk baca yang memang saya penasaran aja ceritanya. Nah awalnya saya baca yang versi bahasa Inggrisnya kan, dan akhirnya menemukan versi bahasa Indonesianya, yang tentu saja resmi diterjemahkannya. Kebanyakan, komik korea jenis isekai  ini dipublikasikan di situs+aplikasi bernama Webcomics (yang saat ini sudah berubah nama menjadi Kakaopage Indonesia). Kalau di Indonesia, dia dari neobazaar dan kerjasama dengan kakaopage (karena tampilannya cukup mirip).

Nah saya akan memberikan komik yang saya sukai dan menjadi favorit di 2019. dengan di mana buat baca komiknya heheheh

Kalau dari Webtoon, masih tidak jauh dengan tahun 2018, Born From Death dan Kosan 95 masih menjadi favorit banget. Paling yang saya drop adalah The Secret of Angel karena…. hadeh… kapalku karam. Yaa udah merasa bosan aja sih. Tambahan saja paling yang sekarang juga masuk menjadi favorit.

Sedikit peringatan: kebanyakan genrenya Shoujo/Josei jadi kayaknya kalau yang mengharapkan fantasi atau petualangan semacam komik untuk laki-laki bye bye dulu ya. Selain itu kebanyakan dari Kakaopage karena kebanyakan genre Isekai he he he

Suddenly I became a Princess (Webtoons Indonesia)/Who Made Me a Princess

Ceritanya mengenai seseorang yang masuk ke novel berjudul “Lovely Princess”dan menjadi karakter yang bernama Athanasia, seorang putri raja yang dibunuh mati karena raja tidak mau mengakui dia anak kandungnya dan mengalami nasib yang sangat buruk. Karakter utama yang mengetahui jalan cerita tersebut ingin mengubah nasibnya agar tidak seperti Athanasia yang mati di tangan ayahnya sendiri.

Komik ini diadaptasi dari novel dengan judul yang sama  dan novelnya sendiri sudah tamat.

Jadi, apa alasan saya baca komik ini?

  • Ceritanya fokus mengenai hubungan ayah tiran yang melembut karena anaknya.

Dari yang awalnya gendong anak kayak gini

JADI KAYAK GINI HUAAAA

  • Gambarnya bagus banget selevel komikus jepang (Di Jepang bahkan sudah terbit dalam versi cetak). Beneran deh warnanya bukan yang mentereng, kebanyakan soft tone.
  • Ini kebanyakan menjadi favorit orang, yaitu si raja a.k.a CLAUDE, yang bagi saya pas pertama lihat dia… “ini mirip Gilgamesh (dari Fate series)” “Gilgamesh mendadak jadi bapak bapak”. Banyak yang bilang dia Hot daddy. Tapi memang harus diakui, ini orang udah punya anak berusia 14 tahun wajahnya masih kayak 20an. Aku jadi iri. Memang skin care paling ampuh adalah mejik
  • Spoiler: Meski berasal dari novel yang sama, cerita di komik mengambil rute cerita yang berbeda dengan novel sehingga ceritanya jadi tidak bisa diprediksi. Banyak yang menolak ini sampai marah-marah ke authornya… padahal GAUSAH GITU JUGA SIH AH. Masalahnya banyak yang pakai kata-kata tidak sopan. Kalau misalnya baca komiknya tanpa baca novelnya bisa banget. Malah menurut saya novelnya agak berbelit-belit. Meski ada yang memang mendetaiL di novel , tapi menurut saya eksekusi Spoon, ilustrator komiknya, jauh lebih baik dan lebih masuk akal.

Rate: PARA COGAN KOMIK INI/10

The Abandoned Empress (TAE) (Kakaopage Indonesia)

  • Menceritakan Aristia la Monique yang mengalami time travel untuk mengubah nasibnya setelah dieksekusi mati oleh suaminya sendiri yang tiran demi hidup yang lebih baik.

Sinopsis dari Kakaopage Aristia yang telah mendapat utusan dari Tuhan untuk menjadi Ratu, namun suatu hari muncul gadis berambut hitam yang bernama Jieun sehingga Jieun yang menjadi Ratu. Aristia hanyalah seorang gadis yang ingin dicintai oleh putra mahkota, namun pada akhirnya suatu insiden menyebabkan dirinya dihukum mati, ketika terbangun dia kembali kepada dirinya yang berusia 10 tahun? apakah aku bermimpi mengenai takdir yang akan ku alami di masa depan? Apakah Aristia bisa mengubah takdirnya?

Alasan saya baca ini:

  • awalnya bukan karena ilustrasi, karena pewarnaan di komik ini beneran ngejreng RGB (Red-green-blue), tapi lebih ke penasaran ini gimana sih ceritanya karena banyak yang membicarakan ini. Berawal dari random baca terus berujung ketagihan dan sekarang menjadi list komik yang wajib dibaca

  • Gambarnya juga termasuk yang sudah bagus dan konsiste, malah lebih kayak anime yang dikomikkan. Sebagus itu lho. Bahkan pas lihat goodiesnya udah kayak merchandise anime kualitas gambarnya (mengingatkan aku terhadap Clamp, tapi ya gak bisa disamakan)
  • Perkembangan karakternya baru benar-benar terasa di season 2 sebenarnya. Selama baca yang season 1 saya bawaannya kesal sama Aristia hahah padahal ada alasan tersendiri dia jadi menyebalkan

  • Karakternya tidak OP dan memang sebenarnya banyak yang seperti itu di dunia nyata. Terobsesi dengan orang disukai, yang semangat dengan kesukaannya sampai menjadikan itu karirnya, orang yang terlihat cool tapi aslinya bisa licik juga.
  • Mungkin karena saya bacanya langsung banyak, jadi bisa langsung klop juga sama ceritanya karena intrik politik di sini juga lumayan runyam

  • Kalau banyak yang bilang ingin punya Papa seperti Claude (oh pls siapa yang ga mau punya baapak awet muda tebar dada di mana-mana, RAJA, dan manjain banget anaknya), NAH. Saya lebih ke tim Papa Keirean (Ayah Aristia). Mungkin bukan raja, tapi selalu mendukung penuh dengan apa yang akan dilakukan anaknya. Memanjakannya dengan cara yang berbeda.

  • Ruve Ganteng BANGET

  • Ini komik agak slowburn dan banyak ngeskip bagian di novelnya. Aristia di komik lebih kuat daripada di novelnya.

  • Spoiler: Banyak yang tidak suka komik ini karena pada akhirnya Aristia menikah dengan (putra mahkota yang menjadi)Raja yang menghukum mati dirinya. Padahal sudah jelas lah ini sejak awal. Sebuah trope laaaah yang bunuh di kehidupan awal menjadi pasangan hidupnya. TAPI SEBENARNYA ADALAH….. selama cerita berlangsung, baik Aristia dan putra mahkota, mereka mengalami perubahan karakter yang mengarah lebih baik. Karena komik ini rentan pair war, jadi lebih baik jangan komentar bacanya. Fokus sama ceritanya karena ya memang bagus.

Rate: Papa Keirean/10

 Tunangan Kontrak Duke (Kakaopage Indonesia)/ The reason why Raeliana ended at duke’s house

Kalau ini awalnya agak mirip dengan SIBAP, karakter bernama Eunha didorong dari gedung lantai atas oleh sosok tidak dikenal dan berujung masuk ke dunia novel yang telah dibaca sebelumnya. Masalahnya adalah, dia menjadi peran sampingan yang mati di awal cerita novel bernama Raeliana (Versi weco: Leriana, selanjutnya saya tulis Rae). Karena sudah pernah mengalami kematian, Eunha tidak mau mengalami hal yang sama sehingga dia berusaha agar tidak mati di awal. Merupakan adaptasi novel dengan judul yang sama dan sudah tamat juga

Sinopsis Kakaopage: Aku yang akhirnya berhasil masuk ke perguruan tinggi setelah mengalami beberapa kali kegagalan, namun aku di dorong dari atas gedung, ketika aku berpikir hidupku sudah tamat malah terbangun di dalam dunia novel, itupun novel yang ku tahu semua alur ceritanya?? Aku harus bertahan, aku harus kembali ke duniaku!!

Alasan baca ini:

  • Rae dengan Noah itu saling menghina tapi juga bisa saling mengandalkan satu sama lain

  • Rae termasuk perempuan yang blak-blakan ke Noah dan dia bisa menggunakan pistol
  • Saya suka ekspresi menderita/kesal dari komik ini soalnya lucu

  • Kalau bilang soal gambar, masih di bawah TAE atau SIBAP tapi memang sudah bagusjuga. Gambar chibinya He he he
  • Banyak banget karakter blackbelly tapi justru merekalah yang mebuat komik ini jadi lucu
  • Gak banyak salah paham jadinya suka karena pada to the point semua karakternya
  • Ceritanya termasuk yang gampang dilupakan (selama baca komiknya saya sering banget lupa apa sih aslinya tujuan dari cerita ini)
  • Noah dan Siatrich itu menarik hahaha.

Rate: Adam’s uwuness/10

  • Cerminan Jiwa (Kakaopage Indonesia) / The Justice of a Villainess Woman

Lagi-lagi orang yang masuk dunia novel. Hahahahaha. Kalau yang ini, dia masuk ke dunia novel dengan menjadi karakter antagonis dari novel tersebut dengan nama Chartiana (Charti). Bedanya adalah, Charti menerapkan ilmu yang sudah dia pelajari di dunia nyata selama hidupnya untuk memecahkan masalah yang muncul dalam kehidupan barunya.

Sinopsis Weco: Di hari terburuk dalam hidupku aku malah mati konyol. Disaat ku kira kehidupanku berakhir, ketika membuka mata aku terlahir kembali? dan kehidupan ku kali ini adalah menjadi wanita jahat yang merebut pria lain???

Alasan baca ini:

  • Ilmu bumi bermanfaat untuk dunia mereka (halah)
  • Charti bisa main tarik ulur untuk memancing amarah perempuan-yang-di-awal-seharusnya-menjadi-pasangan-pangeran putra mahkota lol
  • Cara-cara Charti yang digunakan untuk menghadapi kejamnya istana menarik, maksudna dai ga asal nyablak, tapi beneran mikir dan unik.
  • Leofred, anda terlalu tarik ulur charti :))
  • Meski gambarnya haduh kaku (kayak gambar pake vektor) tapi ceritanya memang bagus jadi lanjut baca

  • Charti juga bisa membuat lawan menjadi kawan.

Rate: Edith as savvy woman/10

Make-up Man (Webtoons Indonesia)

Dari webtoon: Cowok ini mencari cewek dengan muka yang biasa aja. Buat dipacari? Bukan!

Alasan baca:

  • Sesuatu yang tadinya saya harapkan ada di TSOA ternyata ada di sini
  • Bagaimana Yeseul bisa memberikan ide yang “garang” di saat terjepit
  • Cheon Yooseong juga lucu. Baru juga awal ketemu tapi udah langsung hapus pasang make up ha ha ha

  • Karena ini ceritanya tentang survival variety show tapi soal make up, seru. Idenya segar. Selain itu, di komik ini romansa bukan fokus utama (ada sih tapi bukan itu sih buat saya pin utamanya). Berhubung pernah mengurus make up buat teater, jadi tau sesusah apa make up teater (dan cukup bisa dikaitkan dengan ini karena di sini make-upnya bukan buat sehari-hari tapi buat panggung)

  • Joo heewon adalah pantanQ. Dia mirip Sakura (naruto)

Rate: Joo Heewon/10

 

Jadi… sepertinya selera baca saya jadi bergeser ke arah ngehalu aahahhaha

 

tapi ya ini bagus menurut saya. menurut orang kan belum tentu oke. jadi…. sekian dulu webtoon favorit saya di tahun 2019!

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.