Pelepas Stress ya Menulis

Saya baru sadar mengapa rasanya akhir-akhir ini rasanya sering sekali burn out. Saya hampir tidak pernah meluangkan waktu buat saya menulis apa yang saya rasakan. terutama setelah mulai S2.

Tiba-tiba saya teringat konsep journaling yang sekarang sedang mulai kembali naik daun, bahkan tanpa saya sadari sebetulnya dulu, pada saat SMA, saya sudah menerapkan konsepnya. menuliskan perasaan kamu pada saat itu.

Contohnya ya sesimpel ini, ini saya ambil dari sini, sebuah konten lama yang pernah saya buat pada saat SMA. Pada saat awal membuat konten (yang ternyata memang malah jadi diari terbuka haha) selalu membuat awalan untuk postnya seperti ini:

Mood: shocked+happy+pissed off
Listening to: Viva Rock~Japanese Version~- Orange Range
Reading: NARUTO LATEST CHAPTER
Watching: Spongebob Squarepants *haha*
Playing: my twitter. if i remember
Eating: apple
Drinking: fasting month. don’t drink anything.

Template ini saya ambil dari beberapa postingan Deviantart.com. Dulu pas saya masih suka menggambar, saya sempat punya akun di sana, tapi ternyata saya menyadari skill saya payah banget dan memang bukan bakat utama juga, akhirnya saya menghapus itu. kalau masalah jejak digitalnya masih ada atau tidak, wah saya tidak tahu juga. yakinnya masih ada tapi apakah memang bisa diakses, well HAHAHA MALU.

Namun saya juga baru sadar sekarang (telat kali ya) kalau ternyata meski kelihatannya naon sih, ternyata ya aslinya membantu agar mood kita bisa jadi lebih baik.

Nah apa yang membuat saya dulu lebih rajin membuat journal/konten curhat?

Sistem dari microsoft word yang bisa terintegrasi dengan blogger. (iya, pada saat rajin buat postingan itu saya ketik langsung dari word terus langsung post aja tanpa perlu masuk ke webnya.) WordPress juga bisa tapi agak ribet (dan setelah saya baca lebih rentan terkena hacking jadi saya masih mikir-mikir lagi).

Oh tentu saja dulu tidak selalu membuat postingan denga format seperti itu (kebanyakan kalau ada mood ya).

Journaling paling minimal ya dengan menulis seperti itu aja sih. toh cara menjawabnya bisa sesuka kita HAHAHA.

serunya kalau digital (apalagi kalau paham koding) bisa memasukkan gif atau emoticon sebagai pengganti washi tape atau foto-foto yang dicetak terus ditempelkan ulang. tapi ga serunya, kalau kalian ingin buat ini jadi konten pribadi, ya mau ga mau buatlah situs kalian privat. kan kalau ditulisnya dalam blogging bisa juga dipakai buat humble brag aka PAMER hahaha.

terlepas dari apapun itu, memang kalau mau melepas stress baiknya menulis. tidak perlu menulis yang berat-berat seperti mau menulis novel/karya tulis ilmiah, yang ringan dan menghibur juga gak masalah.

4 thoughts on “Pelepas Stress ya Menulis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.